Hadis Pada Era Rasul Saw Dan Metode Penyampaian Hadis Pada Era Rasul Saw

A. Hadis pada Masa Rasul Saw.
Sebagai Nabi dan Rasul Allah, Muhammad Saw., dibekali aneka macam keistimewaan, di antaranya yaitu mukjizat al-Qur’an serta keluhuran akhlak. Selama bertugas sebagai Nabi dan Rasul, Muhammad Saw. mengajarkan nilai-nilai Islam sebagai dasar pembangunan peradaban Islam yang mulia. Selain itu, sebagai Nabi dan Rasul, Muhammad Saw. yaitu sosok sentral, sosok panutan bagi umat Islam di ketika itu dan di kemudian hari. Apa yang Nabi Muhammad Saw. katakan yaitu perkataan yang bernilai yang dijalankan. Apa yang Nabi Muhammad Saw. lakukan yaitu sesuatu yang baik dan kemudian dicontoh. Dan apa yang Nabi Muhammad Saw. memutuskan yaitu ketetapan yang baik dan kemudian dipatuhi.

Keluhuran sopan santun Nabi Muhammad Saw. dicatat di dalam al-Qur'an:.
وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

"Dan sebetulnya engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang luhur.” (QS. Al-Qalam : 4).

Bahkan dalam suatu hadis disebutkan bahwa sopan santun Nabi Muhammad Saw. diidentikkan dengan Al-Qur’an. Di samping itu, Allah Swt telah mengajarkan kepada dia segala sesuatu yang belum diketahuinya. Oleh lantaran itu, Nabi Muhammad Saw. telah mencapai puncak keilmuan yang belum pernah dicapai oleh insan lain sepanjang sejarah.

Metode Rasulullah Saw. dalam memberikan ajaran-ajaran Islam adakalanya melalui perkataan (aqwal), perbuatan (af’al), maupun ketetapan (taqrir). Oleh akibatnya apa yang dilihat oleh ataupun disaksikan oleh para sobat baik berupa perkataan, perbuatan maupun taqrir Nabi Saw merupakan landasan bagi amaliyah seharihari mereka. Nabi Muhammad Saw. di mata para sahabatnya yaitu idola yang paling sempurna. Rasulullah Saw. merupakan sentral kehidupan keagamaan dan keduniawian.

Pada masa Rasulullah Saw masih hidup, perhatian para sobat lebih terkonsentrasikan pada Al-Qur’an. Di antara para sobat yang berilmu menulis ditugasi dia Saw untuk menulis Al-Qur’an. Penulisan Al-Qur’an pada waktu itu masih sangat sederhana yakni ditulis di atas pelepah kurma, kulit binatang, dan batu-batuan. Sedangkan hadis pada ketika itu secara umum tidak tercatat. Namun hadis diterima dengan mengandalkan hapalan para sobat Nabi Saw, dan hanya sebagian hadis yang ditulis oleh para sobat Nabi Saw.

Hal ini disebabkan, Nabi Saw pernah melarang para sobat untuk menulis hadis sebagimana hadis berikut:

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَكْتُبُوا عَنِّي وَمَنْ كَتَبَ عَنِّي غَيْرَ الْقُرْآنِ فَلْيَمْحُهُ

Diriwayatkan dari Abi Sa’d al-Khudri, Sesungguhnya Rasululla Saw. bersabda: “Janganlah menulis dariku selain al-Qur’an. Barang siapa yang menulis dariku selain alQur’an maka hapuslah.” (HR. Muslim)

Namun dalam perkembangannya, Nabi Saw juga pernah menyuruh para sobat untuk menulis hadis, sebagaimana hadis berikut:

Dari Rafi’ ibn Khudaij berkata: "Aku bertanya kepada Rasulullah bahwa sebetulnya kami mendengarkan darimu segala sesuatu, kemudian kami menuliskannya. Kemudian Nabi bersabda:”Tulislah dan tidak ada masalah.” (HR. At-Tabarani)

Sejumlah sobat Nabi telah menulis hadis Nabi, contohnya Abdullah bin 'Amr bin as-'As (w.65 H/685 M) dengan catatannya yang diberi nama al-Sadiqah, Abdullah bin 'Abbas (w. 68 H/687 M), 'Ali bin Abi Ṭālib (w. 40 H/661 M), Sumrah (Samurah) bin Jundab (w . 60 H), Jabir bin 'Abdullah (w. 78H/697 M), dan 'Abdullah bin Abi Auf (w. 86 H). Walaupun demikian tidaklah berarti bahwa seluruh hadis telah terhimpun dalam catatan para sobat tersebut. Catatan-catatan hadis tersebut di samping sebagai dokumen bahwa pada masa Nabi telah terjadi acara penulisan hadis juga sanggup dipakai sebagai sarana periwayatan hadis secara tertulis. Meskipun jarang, periwayatan hadis secara tertulis pada masa ini juga pernah dilakukan.

Menurut Said Agil Husain al-Munawar, penulisan hadis bersifat pribadi dan untuk kepentingan pribadi. Dengan demikian, hadis-hadis yang ada pada para sahabat, yang kemudian diterima oleh para tabi'in memungkinkan ditemukan adanya redaksi yang berbada-beda. Sebab, ada yang meriwayatkannya sesuai atau sama benar dengan lafad yang diterima dari Nabi Saw(yang disebut dengan periwayatan bi al-lafzi, dan ada yang hanya sesuai makna atau maksudnya saja (yang disebut dengan periwayatan bi al-ma'na), sedang redaksinya tidak sama.

Dengan demikian, hadis Nabi Saw yang berkembang pada zaman Nabi Saw (sumber aslinya), lebih banyak berlangsung secara hapalan ketimbang secara tulisan. Penyebabnya yaitu Nabi Saw sendiri melarang para sobat untuk menulis hadisnya, di samping orang-orang Arab sangat berpengaruh hafalannya dan suka menghafal, dan ada kehawatiran bercampur dengan al-Qur'an. Dengan kenyataan ini, sangat logis sekali bahwa tidak seluruh hadis Nabi Saw terdokumentasi pada zaman Nabi Saw secara keseluruhan.
Baca Juga :
1. Sejarah Hadis pada Masa Sahabat (Khulafa arRasyidin)
2. Sejarah Hadis pada Masa Tabi’in
3. Sejarah Hadis Masa Kodifikasi Hadis awal era ke-2 H

B. Metode Penyampaian Hadis Pada Masa Rasulullah Saw.
Perhatian para sobat Rasul Saw. yang begitu besar terhadap al-Qur’an, tidak menciptakan mereka surut dalam memperhatikan keberadaan hadis. Karena kecintaan mereka terhadap al-Qur’an sama besar dengan kecintaan terhadap Rasulullah Saw, maka merekapun berlomba-lomba melestarikan hadis Nabi Saw.

Berikut beberapa metode penyampaian hadis yang disampaikan oleh Rasulullah Saw. kepada para sahabatnya:

1. Melalui Majelis Ilmu atau Pengajian-pengajian.
Para sobat selalu mendatangi pengajian-pengajian yang disampaikan oleh Rasulullah Saw. Rasulullah Saw. selalu menyediakan waktu bagi para sobat untuk memberikan aneka macam pemikiran agama Islam. Para sahabatpun selalu berusaha mengikuti aneka macam majelis yang di situ disampaikan aneka macam pesan-pesan keagamaan walaupun mereka mengikuti secara bergiliran. Jika ada sobat yang tidak sanggup hadir maka disampaikan oleh sahabat-sahabat yang hadir.

Melalui cara ini, para sobat mendapat peluang yang besar untuk menyerap sebanyak mungkin informasi dari Nabi Muhammad Saw. Para sobat mempunyai semangat yang tinggi dan sangat haus akan fatwa-fatwa dari Nabi Muhammad Saw.

Mereka selalu meluangkan waktu untuk hadir ke majelis ilmu Rasulullah Saw. Bahkan sebagian sobat ada yang rela melaksanakan perjalanan yang sangat jauh untuk meminta solusi atas permasalahan yang mereka hadapi kepada Nabi Muhammad Saw.

Di antara sobat ada yang secara sengaja membagi kiprah untuk mendapat informasi yang berasal dari Nabi Muhammad Saw.. 'Umar bin al-Khattab misalnya, membagi kiprah dengan tetangganya untuk mendapat hadis dari Nabi Muhammad Saw. Apabila tetangganya pada suatu ketika menemui Nabi, Umar ra. pada keesokan harinya demikian seterusnya. Pihak yang bertugas menemui Nabi dan memperoleh informasi dari Nabi, mereka segera memberikan informasi tersebut kepada yang tidak bertugas. Pada ketika demikian terjadi periwayatan hadis oleh sobat dari sobat yang lain. Hadis tidak semata-mata diriwayatkan dari Nabi, tetapi sebagian diriwayatkan oleh sobat dari sobat yang lain.

2. Peristiwa yang Dialami Rasulullah Saw. Sendiri.
Dalam hal ini rasul memberikan hadis berkatian dengan kejadian yang dialaminya sendiri. Secara kebetulan sobat yang menyertai rasul sanggup memberikan kepada yang lain.

3. Sahabat Bertanya.
Di antara para sobat ada mengalami aneka macam problem kemudian mereka menanyakan pribadi kepada Rasulullah Saw. wacana bagaimana hukumnya terhadap problem tersebut. Kemudian Rasulullah Saw. segera memperlihatkan fatwa atau klarifikasi aturan wacana kejadian tersebut. Kasus yang dialami sobat apakah perkara yang terjadi pada diri sobat itu sendiri maupun terjadi pada sobat yang lain.

Singkatnya, jikalau di antara para sobat mengalami suatu masalah, para sobat tidak merasa aib untuk tiba secara pribadi menanyakan kepada Rasulullah Saw. Jika ada sobat yang aib bertanya pribadi kepada Rasulullah Saw, maka sobat tersebut mengutus sobat lainnya untuk bertanya kepada Rasulullah Saw.

4. Sahabat Menyaksikan Langsung.
Kadang-kadang ada juga sobat yang melihat secara pribadi Rasulullah Saw. melaksanakan satu-satu perbuatan, hal ini berkaitan dengan ibadah ibarat shalat, zakat, puasa, dan ibadah haji serta ibadah-ibadah lainnya. Para sobat yang menyaksikan hal tersebut segera memberikan untuk sobat yang lain atau generasi sesudahnya, diantaranya yaitu kejadian yang terjadi antara Rasulullah Saw dengan malaikat Jibril mengenai perkara iman, Islam, ihsan dan gejala hari kiamat.

5. Ceramah atau Pidato di Tempat Umum.
Melalui ceramah atau pidato di kawasan yang terbuka sebagaimana ketika khutbah pada Haji Wada’. Pada ketika menunaikan haji pada tahun 10 H (631 M) Nabi memberikan khutbah yang sangat bersejarah di hadapan ribuan kaum muslimin yang menunaikan ibadah haji. Isi khutbah dia banyak terkait dengan bidang mu’amalah, siyasah, jinayah, dan hak asasi manusia.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan wacana hadis pada masa Rasul Saw dan metode penyampaian hadis pada masa Rasulullah Saw. Semoga kita sanggup mengambil pelajaran dari pembahasan tersebut. Aamiin. Sumber Hadis Ilmu Hadis Kelas X MA, Kementerian Agama Republik Indonesia, Jakarta 2014. Kujungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Qana'ah, Dalil Perihal Qana'ah, Hikmah Sikap Qana'ah Dan Teladan Sikap Qana’Ah

Fungsi Hadis | Pengertian Bayan Tasyri’ Dan Pola Bayan Tasyri’

Fungsi Hadis | Pengertian Bayan Al-Taqrir Dan Teladan Bayan Taqrir