Pengertian Zakat Dan Hikmah Disyariatkan Zakat

A. Pengertian Zakat.
Zakat ialah kata bahasa Arab “az-zakah”. Ia ialah masdar dari fi’il madli “zakka”, yang berarti bertambah, tumbuh dan berkembang. Ia juga bermakna suci. Dengan makna ini Allah Swt berfirman:

قَدْ أَفْلَحَ مَنْ زَكَّاهَا

“Sungguh beruntung orang yang menyucikan hati”. (QS. Asy Syams : 9)

Harta ini disebut zakat alasannya ialah sisa harta yang telah dikeluarkan sanggup berkembang karena barakah doa orang-orang yang menerimanya. Juga alasannya ialah harta yang dikeluarkan ialah kotoran yang akan membersihkan harta seluruhnya dari syubhat dan menyucikannya dari hak-hak orang lain di dalamnya.

Zakat berdasarkan istilah (syara’) artinya sesuatu yang hukumnya wajib diberikan dari sekumpulan harta benda tertentu, berdasarkan sifat dan ukuran tertentu kepada golongan tertentu yang berhak menerimanya. Hukum mengeluarkan zakat ialah fardhu ‘ain, sebagaimana firman Allah Swt Al-Qur'an Surat Al-Baqarah : 267:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَنفِقُوا۟ مِن طَيِّبَٰتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّآ أَخْرَجْنَا لَكُم مِّنَ ٱلْأَرْضِ ۖ وَلَا تَيَمَّمُوا۟ ٱلْخَبِيثَ مِنْهُ تُنفِقُونَ وَلَسْتُم بِـَٔاخِذِيهِ إِلَّآ أَن تُغْمِضُوا۟ فِيهِ ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ غَنِىٌّ حَمِيدٌ

"Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kau menentukan yang buruk-buruk kemudian kau menafkahkan daripadanya, padahal kau sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji." (QS. Al-Baqarah : 267)

B. Hikmah Zakat.
1. Membersihkan jiwa seorang mukmin dari ancaman yang ditimbulkan dosa dan kesalahan-kesalahan serta pengaruh jelek di dalam hati.

2. Meringankan beban orang muslim yang mempunyai hutang, dengan cara menutup hutang serta kewajiban yang mesti ditunaikan dari hutang.

3. Menghimpun hati yang tercerai berai di atas keimanan Islam.

4. Membantu dan menutupi kebutuhan serta kesusahan orang-orang miskin yang terhimpit hutang.

5. Membersihkan harta dan membuatkan serta menjaga dan melindunginya dari aneka macam peristiwa alam dengan berkah ketaatan kepada Allah Swt..

6. Menegakkan kemaslahatan umum menjadi tiang tegaknya kebahagiaan dan kehidupan masyarakat.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan perihal pengertian zakat dan nasihat disyariatkan zakat. Sumber buku Fikih Kelas X MA Kementerian Agama Republik Indonesia, 2014. Kunjungilah selalu  www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Qana'ah, Dalil Perihal Qana'ah, Hikmah Sikap Qana'ah Dan Teladan Sikap Qana’Ah

Fungsi Hadis | Pengertian Bayan Nasakh Dan Rujukan Bayan Nasakh

Kitab Hadis | Pengertian Kitab Al-Mu’Jam Dan Teladan Kitab Al-Mu’Jam