Tujuan Dan Fungsi Al-Qur’An

Tujuan dan Fungsi Al-Qur’an
Allah Swt telah menurunkan al-Qur’an dengan membawa kebenaran yang hakiki. al-Qur’an mempunyai beberapa fungsi dan tujuan bagi kehidupan umat manusia, terutama umat Islam. Di antara tujuan dan fungsi diturunkannya al-Qur’an oleh Allah Swt. adalah:

a. Al-Qur’an sebagai Petunjuk bagi Manusia.
Al-Qur’an telah diturunkan oleh Allah Swt. kepada Nabi Muhammad Saw. melalui perantaraan malaikat Jibril as. sebagai petunjuk bagi manusia. Dengan mengikuti petunjuk al-Qur’an tersebut, insan akan mempunyai arah dan tujuan hidup yang terperinci dalam menjalani hidup dan kehidupannya.

Banyak ayat al-Qur’an yang menjelaskan perihal fungsi al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia. Beberapa ayat di antaranya yaitu sebagai berikut :

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا۟ ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

"Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Quran sebagai petunjuk bagi insan dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). alasannya yaitu itu, Barangsiapa di antara kau hadir (di negeri daerah tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan Barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah Swt. menghendaki akomodasi bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kau mencukupkan bilangannya dan hendaklah kau mengagungkan Allah Swt. atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kau bersyukur." (QS. al-Baqarah :185)

Atau ayat lain yang lebih khusus menegaskan bahwa al-Qur’an berfungsi sebagai petunjuk bagi insan yang bertakwa.

ذَٰلِكَ ٱلْكِتَٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ

“Kitab (al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,” (QS. al-Baqarah :2)

Atau ada pula ayat yang khusus menegaskan bahwa al-Qur’an berfungsi sebagai petunjuk bagi insan yang beriman.

وَلَوْ جَعَلْنَٰهُ قُرْءَانًا أَعْجَمِيًّا لَّقَالُوا۟ لَوْلَا فُصِّلَتْ ءَايَٰتُهُۥٓ ۖ ءَا۬عْجَمِىٌّ وَعَرَبِىٌّ ۗ قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ هُدًى وَشِفَآءٌ ۖ وَٱلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ فِىٓ ءَاذَانِهِمْ وَقْرٌ وَهُوَ عَلَيْهِمْ عَمًى ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ يُنَادَوْنَ مِن مَّكَانٍۭ بَعِيدٍ

"Dan Jikalau Kami jadikan al-Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: “Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?” Apakah (patut al-Quran) dalam bahasa gila sedang (Rasul yaitu orang) Arab? Katakanlah: “al-Quran itu yaitu petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. dan orang-orang yang tidak beriman pada pendengaran mereka ada sumbatan, sedang al-Quran itu suatu kegelapan bagi mereka. mereka itu yaitu (seperti) yang dipanggil dari daerah yang jauh." (QS. Fussilat : 44)

Dari beberapa klarifikasi ayat tersebut di atas sanggup diambil kesimpulan bahwa salah satu fungsi terpenting al-Qur’an yaitu sebagai petunjuk bagi manusia. Petunjuk-petunjuk al-Qur’an itu secara garis besar mencakup petunjuk perihal bagaimana kekerabatan insan dengan Allah Swt., insan dengan sesama insan dan bahkan insan dengan alam sekitarnya. Manusia yang mau mengikuti petunjuk al-Qur’an, pasti akan mendapat kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.

b. Al-Qur’an sebagai Sumber Pokok Ajaran Islam.
Salah satu fungsi penting al-Qur’an lainnya yaitu sebagai sumber pokok pemikiran Islam. Dalam pembahasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa al-Qur’anlah yang mula-mula menjelaskan pemikiran yang lengkap dan menyeluruh yang diberikan oleh Allah Swt. Ajaran-ajaran tersebut ada yang bersifat mujmal, yakni hanya memperlihatkan prinsip-prinsip umumnya saja, dan ada juga yang bersifat tafshil yakni pemikiran yang terperinci dan khusus.

akni pemikiran yang terperinci dan khusus. Ajaran Islam yang bersumber dari al-Qur’an mutlak kebenarannya dan pemikiran yang paling sempurna. Ajaran al-Qur’an di samping membenarkan ajaran-ajaran kitab suci sebelumnya, juga menyempurnakan pemikiran kitab-kitab sebelumnya tersebut. Al-Qur’an berisi perihal pokok-pokok atau dasar-dasar pemikiran Islam yang berkenaan dengan problem ketauhidan, ibadah, akhlak, hukum, dan segala hal yang diperlukan insan dalam kehidupannya.

Dalam sebuah ayat, Allah Swt. menegaskan bahwa al-Qur’an diturunkan dengan membawa kebenaran hakiki yang berfungsi sebagai dasar penetapan aturan yang harus dipegang teguh oleh Nabi Muhammad saw., dilarang sedikitpun menyimpang dari al-Qur’an. Dan tentunya hal ini juga harus dipegang teguh oleh umat Islam. Sebagaimana dijelaskan dalam QS. an-Nisa’ ayat 105.

إِنَّآ أَنزَلْنَآ إِلَيْكَ ٱلْكِتَٰبَ بِٱلْحَقِّ لِتَحْكُمَ بَيْنَ ٱلنَّاسِ بِمَآ أَرَىٰكَ ٱللَّهُ ۚ وَلَا تَكُن لِّلْخَآئِنِينَ خَصِيمًا

“Sungguh, Kami telah menurunkan Kitab (al-Qur’an) kepadamu (Muhammad saw.) membawa kebenaran, supaya engkau mengadili antara insan dengan apa yang telah diajarkan Allah Swt. kepadamu, dan janganlah engkau menjadi penentang (orang yang tidak bersalah), alasannya yaitu (membela) orang yang berkhianat,” (QS. an-Nisa’: 105)

c. Al-Qur’an sebagai Peringatan dan Pelajaran bagi Manusia.
Sebagai peringatan dan pelajaran bagi insan maksudnya yaitu al-Qur’anmerupakan kitab suci dengan konsep pemikiran yang salah satu ajarannya yaitu berupa sejarah atau cerita umat terdahulu. Dalam kisah-kisah itu dijelaskan bahwa ada di antara umat insan sebagian orang-orang yang beriman, taat dan soleh, namun ada pula sebagian yang lain orang-orang yang kafir, maksiat. Kepada mereka yang soleh, Allah Swt. menjanjikan kebaikan di dunia dan pahala (surga) di alam abadi alasannya yaitu ridha-Nya, sebaliknya kepada mereka yang kafir, durhaka dan tidak shalih, Allah Swt. mengancam dengan bahaya eksekusi dan azab baik di dunia maupun di akhirat. Dan dalam banyak ayat, Allah Swt. menerangkan komitmen dan ancamannya tersebut.

Bagi kita, apa yang dijelaskan dalam cerita umat terdahulu tersebut, sanggup kita ambil pelajaran dan sekaligus peringatan bagi kita untuk arif mengambil pelajaran dan meneladani yang baik dan menjauhi yang jelek untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan hidup di dunia hingga di alam abadi kelak. Allah Swt. berfiman:

وَهَٰذَا كِتَٰبٌ أَنزَلْنَٰهُ مُبَارَكٌ مُّصَدِّقُ ٱلَّذِى بَيْنَ يَدَيْهِ وَلِتُنذِرَ أُمَّ ٱلْقُرَىٰ وَمَنْ حَوْلَهَا ۚ وَٱلَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِٱلْءَاخِرَةِ يُؤْمِنُونَ بِهِۦ ۖ وَهُمْ عَلَىٰ صَلَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ

"Dan ini (al-Qur’an), Kitab yang telah Kami turunkan dengan penuh berkah; membenarkan kitab-kitab yang (diturunkan) sebelumnya dan supaya engkau memberi peringatan kepada (penduduk) Ummul Qura (Mekah) dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Orang-orang yang beriman kepada (kehidupan) alam abadi tentu beriman kepadanya (al-Qur’an), dan mereka selalu memelihara shalatnya." (QS. Al-An’am : 92)

Dalam ayat lain, Allah Swt. juga menegaskan perihal fungsi al-Qur’an sebagai peringatan dan pelajaran terutama bagi orang-orang yang beriman.

كِتَٰبٌ أُنزِلَ إِلَيْكَ فَلَا يَكُن فِى صَدْرِكَ حَرَجٌ مِّنْهُ لِتُنذِرَ بِهِۦ وَذِكْرَىٰ لِلْمُؤْمِنِينَ

"(Inilah) Kitab yang diturunkan kepadamu (Muhammad saw.); maka janganlah engkau sesak dada karenanya, supaya engkau memberi peringatan dengan (Kitab) itu dan menjadi pelajaran bagi orang yang beriman." (QS. Al-A’raf :2)

Apabila manusia, terutama umat Islam telah memfungsikan al-Qur’an dengan cara menimbulkan al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup, menerapkan dan melakukan segala pemikiran Islam sesuai dengan ajaran-ajaran al-Qur’an, serta mengambil pelajaran yang baik dan faktual dan meneladaninya dan meninggalkan yang negatif, pasti keselamatan, kesuksesan dan kebahagiaanlah yang akan diperoleh baik di dunia maupun di akhirat. Itulah fungsi dan tujuan diturunkannya al-Qur’an.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan perihal tujuan dan fungsi Al-Qur’an. Sumber buku Al-Qur'an Hadits Kelas X MA Kementerian Agama Republik Indonesia, 2014. Kunjungilah selalu   www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Qana'ah, Dalil Perihal Qana'ah, Hikmah Sikap Qana'ah Dan Teladan Sikap Qana’Ah

Fungsi Hadis | Pengertian Bayan Nasakh Dan Rujukan Bayan Nasakh

Kitab Hadis | Pengertian Kitab Al-Mu’Jam Dan Teladan Kitab Al-Mu’Jam