Ilmu Yang Di Kuasai Aisyah Dan Jumlah Hadis Yang Diriwayatkannya

Aisyah yakni istri Nabi Muhammad Saw, putri Abu Bakar as-Siddiq sobat dan orang yang paling dikasihi Nabi Muhammad Saw.. Aisyah masuk Islam saat masih kecil sehabis 18 orang yang lain. Rasulullah Saw memperistrinya pada tahun 2 H. Beliau mempelajari bahasa, syair, ilmu kedokteran, nasab-nasab (ansab) dan hari-hari Arab. Ia dikutip sebagai sumber dari banyak hadits, di mana kehidupan eksklusif Nabi Muhammad Saw menjadi topik yang sering dibicarakan.

Berkata Ibnu Abdil Barr,

“Aisyah yakni satu-satunya perempuan di zamannya yang mempunyai kelebihan dalam tiga bidang ilmu: ilmu fiqih, ilmu kesehetan, dan ilmu syair.”

Berkata Az-Zuhri:

“Andaikata ilmu yang dikuasai Aisyah dibandingkan dengan yang dimiliki semua istri Nabi Saw dan ilmu seluruh perempuan pasti ilmu Aisyah yang lebih utama”.

Urwah juga mengatakan:

“Aku tidak pernah melihat seorangpun yang mengerti ilmu kedokteran, syair dan fiqh melebihi ‘Aisyah”.

Abu Musa al-Asy'ari berkata:

“Tidak ada sesuatu yang sulit pada kami kemudian kami tanyakan kepada Aisyah kecuali kami dapatkan ilmu padanya dan ia tidak wafat sehingga ilmu tersebar di tengah-tengah umat, sehingga dikatakan bahwa seperempat aturan syara’ diriwayatkan dari padanya.”

Berkata Abu Musa al-Asy’ari,

“Tidaklah kami kebingungan perihal suatu hadits kemudian kami bertanya kepada Aisyah, kecuali kami mendapat tanggapan dari sisinya.” (Lihat Shahih Sunan at-Tirmidzi (3044))

Jumlah hadis yang diriwayatkan `Aisyah sebanyak 2.210 buah hadis. Imam al-Bukhari meriwayatkan darinya sebanyak 54 hadis dan Muslim meriwayatkan sebanyak 68 hadis. Ia meninggal pada tahun 57 H/668 M pada bulan Ramadhan sehabis melaksanakan shalat witir. dan Abu Hurairah ikut menshalatkannya.
Baca Juga :
4. Biografi Abdullah bin Amr bin ‘As ra dan Jumlah Hadis yang Diriwiyatkannya
5. Biografi Abdullah bin ‘Abbas ra dan Jumlah Hadis yang Diriwayatkannya

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan perihal ilmu yang di kuasai Aisyah dan jumlah hadis yang diriwayatkannya. Semoga kita sanggup mengambil pelajaran dari pembahasan tersebut. Aamiin. Sumber Hadis Ilmu Hadis Kelas X MA, Kementerian Agama Republik Indonesia, Jakarta 2014. Kujungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Qana'ah, Dalil Perihal Qana'ah, Hikmah Sikap Qana'ah Dan Teladan Sikap Qana’Ah

Fungsi Hadis | Pengertian Bayan Nasakh Dan Rujukan Bayan Nasakh

Kitab Hadis | Pengertian Kitab Al-Mu’Jam Dan Teladan Kitab Al-Mu’Jam