Kitab Hadis | Pengertian Kitab Al-Jami’ Dan Pola Kitab Al-Jami’

A. Pengertian Kitab al-Jami’.
Kata al-Jami’ secara etimologi berarti menghimpun, mengumpulkan, dan mencakup. Boleh jadi kata al-Jami’ dimaksudkan kitab yang mencakup, menghimpun atau mengumpulkan segala permasalahan. Secara terminologi diartikan:

“Al-Jami’ ialah kitab hadis yang memuat seluruh bab-bab hadis meliputi 8 duduk kasus yaitu duduk kasus keyakinan (aqa’id), aturan (Fikih), perbudakan (riqaq), budpekerti makan minum, tafsir, sejarah dan riwayat hidup, sifat-sifat budbahasa (syama’il), banyak sekali fitnah (fitan), dan kisah-kisah (manaqib).”

Buku hadis al-Jami’ ialah ragam pembukuan hadis yang paling lengkap, alasannya ialah ia meliputi segala permasalahan sebagaimana di atas, tidak hanya terfokus satu duduk kasus saja. Segala aspek agama dan segala aspek kehidupan insan dimuat dalam kitab ersebut. Kelebihan kitab ini ialah sangat jelas, alasannya ialah mempunyai daya tampung yang sangat luas terhadap banyak sekali topik. Hadis sanggup dicari menurut tema yang melingkupinya. Misalnya jikalau ingin mencari hadis perihal shalat, tinggal membuka penggalan shalat.

B. Contoh Kitab al-Jami’
Contoh kitab al- Jami’ sebagai berikut :

1. al-Jami` li al-Imam `Abd al-Razzaq bin Hammam as-San`ani karya al-San’ani (w. 211 H.)
2. al-Jami` as-Sahih li al-Bukhari karya Imam al-Bukhari (w. 206 H.)
3. al-Jami` as-Sahih li Muslim karya Imam Muslim (w. 261 H)
4. al-Jami` al-Tirmuzi karya at-Tirmizi (w. 279 H)

Kualitas kitab al-Jami’ karya Imam al-Bukhari dan Muslim disepakati oleh para ulama sahih seluruhnya sebagaimana disebutkan pada nama kitab tersebut yang menyebutkan kata as-Sahih di dalamnya; al-Jami` al-Sahih li al- Bukhri dan al-Jami` al-Sahih li al Bukhari. Menurut penulisnya seluruh hadis yang terkandung di dalamnya berkualitas sahih seluruhnya.

Sedang kitab al-Jami` li al-Imam `Abd al-Razzaq bin Hammam al San`ani (w. 211 H), dan Jami`al-Turmuzi sekalipun disebut kitab al-Jami’, namun kualitasnya sama dengan kitab Sunan yakni ada yang shahih, hasan, dan dha`if.

Dengan demikian nama al-Jami’ tidak menawarkan kualitas hadis yang dikandung. Ia hanya menawarkan bahwa kitab tersebut memuat segala hadis yang meliputi segala permasalahan sebanyak 8 masalah.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan perihal pengertian kitab al-jami’ dan pola kitab al-jami’. Sumber buku Siswa Hadits Ilmu Hadits Kelas X MA Kementerian Agama Republik Indonesia, 2014. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Qana'ah, Dalil Perihal Qana'ah, Hikmah Sikap Qana'ah Dan Teladan Sikap Qana’Ah

Fungsi Hadis | Pengertian Bayan Nasakh Dan Rujukan Bayan Nasakh

Kitab Hadis | Pengertian Kitab Al-Mu’Jam Dan Teladan Kitab Al-Mu’Jam